LLM: pengetahuan kedaluarsa dan proses melupakan masa lalu

Large language model (LLM) adalah sistem kecerdasan buatan berbasis machine learning untuk memahami, menghasilkan, dan memanipulasi bahasa manusia. Model-model LLM dilatih dengan data tekstual yang sangat besar. ChatGPT, misalnya, dilatih dengan data dari berbagai sumber seperti wikipedia, situs berita, publikasi ilmiah, media sosial, dsb., hingga September 2021 1. Jika ia ditanya hal yang ada setelah September 2021, dia tidak akan mampu menjawabnya. Kalaupun dia mencoba menjawab, mungkin akan berupa teks omong kosong saja.

Konsekuensinya, beberapa tahun lagi LLM seperti ChatGPT tidak lagi relevan. Ketinggalan zaman.

Tulisan ini akan lebih banyak membahas ChatGPT.

LLM perlu diperbarui berkala

Dalam satu bulan barangkali ada puluhan framework/library yang diluncurkan, baik yang benar-benar baru maupun yang bersifat revisi. Bukan tidak mungkin juga akan muncul bahasa pemrograman baru yang menghasilkan proyek-proyek baru. Jika LLM ingin memiliki wawasan tentang hal-hal tersebut, mau tidak mau pengetahuannya harus diperbarui. Cara paling kasat mata adalah dengan menerapkan fine-tuning dengan memberinya data-data baru.

Pertanyaan selanjutnya, seberapa banyak informasi yang perlu digunakan untuk memperbarui model AI? Informasi baru di internet muncul dan bertambah secara eksponensial, sementara kapasitas model terbatas. Penyedia layanan model AI harus menyeleksi informasi apa yang dapat diberikan pada model, dan tugas apa saja yang dapat ia selesaikan dengan baik. Kapasitas model terbatas, sumberdaya komputasi juga terbatas. LLM tidak akan mampu mengakomodasi kebutuhan tiap kepala manusia di bumi.

Memperbarui parameter LLM membutuhkan waktu tersendiri dan tidak real-time

Salah satu miskonsepsi adalah bahwa ChatGPT memperbarui pengetahuannya saat melakukan obrolan dengan pengguna.

Tidak.

Saat kita mengobrol dengan ChatGPT, dia tidak memperbarui parameternya saat itu juga. Yang terjadi sebenarnya adalah, ChatGPT menyimpan konteks sementara untuk satu sesi. Dia mungkin akan tetap nyambung dengan obrolan kita, namun dalam batasan tertentu. Hingga ChatGPT versi engine GPT-4, konteks yang dapat disimpan sementara dalam satu sesi adalah sekitar 4096 token 1.

Satu token bisa berupa kata atau beberapa karakter dalam satu kata, tergantung jenis tokenizer yang digunakan.

Artinya, jika percakapan atau teks sudah melebihi batas maksimal kapasitas konteks, dia akan lost track percakapan sebelumnya. Koherensi percakapan akan berkurang, akurasi jawaban juga berkurang, dan bisa saja tidak lagi terlalu relevan.

Memang pada salah satu kalusul terms and conditions OpenAI merekam dan dapat menggunakan obrolan kita untuk memperbarui model. Namun seperti yang sudah disebutkan, akan ada sesi tersendiri untuk pembaruan itu.

AI juga bisa melupakan pengetahuan lama

Walau suatu model AI diperbarui, bukan tidak mungkin dia akan melupakan hal-hal yang dulu pernah dipelajari. Salah satu "penyakit" yang menjangkit model ML (termasuk LLM) adalah catastrophic forgetting 2 3. Catastrophic forgetting adalah fenomena ketika model kehilangan kemampuan untuk melakukan tugas yang dulu pernah ia pelajari ketika ada tugas baru yang diperkenalkan. Ini disebabkan oleh model yang menyesuaikan parameternya terhadap data-data baru saat proses training.

Sebagai contoh: suatu model pernah dilatih dengan source-code bahasa pemrograman, yang salah satunya adalah bahasa pemrograman lawas yang sekarang tidak terlalu populer sekarang (misalnya COBOL). OpenAI melakukan pembaruan model dan kebetulan tahun ini ada banyak bahasa baru yang populer. Bisa saja di versi selanjutnya, model akan secara total melupakan si bahasa lawas tersebut. Konsekuensinya, jika kita meminta LLM untuk melakukan, misalnya, code completion untuk bahasa COBOL, si model akan memberi solusi "sampah".

Kurang lebih, berikut ini faktor-faktor terjadinya catastrophic forgetting:

Ada beberapa upaya untuk mengatasi catastrophic forgetting. Area riset yang sedang aktif untuk hal ini adalah continual learning dan incremental learning. Tidak dijamin bahwa ChatGPT menerapkan mekanisme semacam ini hingga tulisan ini dibuat.

Takeaways


  1. https://cdn.openai.com/papers/gpt-4.pdf ↩︎ ↩︎

  2. French, R. M. (1999). Catastrophic forgetting in connectionist networks. Trends in cognitive sciences, 3(4), 128-135. ↩︎

  3. Ramasesh, V. V., Lewkowycz, A., & Dyer, E. (2022). Effect of scale on catastrophic forgetting in neural networks. In International Conference on Learning Representations. ↩︎